Sunday, October 7, 2012

Live Bait

PENGGUNAAN JENIS2 UMPAN HIDUP
No Nama Umpan Hidup Jenis Ikan Lele Bawal Mas Nila Patin
Cacing Tanah √  - √ √ 
Udang Hidup √  - √ -
Anak Tawon √ √ - - -
Anak Ikan √  - - -

1. Cacing tanah, Mancing kolam AE 7, sungai AE 7 (skala 1-10), tehnik mancing ngoncer dan glosor, dengan kondisi air bening/butek, berarus tenang. Tersedia sepanjang tahun dan ada penjual, Ada 2 jenis yg pernah saya coba, cacing lurberwarna merah, kuat hidup dalam air, getas(mudah putus), dan cacing fosfor warna coklat, berlendir dan bearoma khas, tidak tahan air, agak ulet, ukuran cacing di sesuaikan dengan target ikan. 

2. Jangkrik, Mancing kolam AE 4, tehnik mancing ngoncer, untuk sungai tidak saya anjurkan. Tersedia sepanjang tahun dan ada penjualnya juga, tidak ada pengalaman istimewa dengan umpan jenis ini. 

3. Menje, Mancing kolam AE 7, sungai AE 6, tehnik mancing ngoncer dan glosor, keadaan air butek, arus tenang.Tersedia sepanjang tahun, nyari sendiri, sejenis serangga mirip kecoa tanpa sayap, biasa hidup dibawah kayu busuk dan bekas kandang ayam yg sudah kosong. Sangat disukai ikan lele, gabus. 

4. Kroto(Larva semut rangrang), Mancing kolam AE 8, sungai AE 7, tehnik mancing ngoncer dan glosor dengan kondisi air bening/butek berarus tenang.
Tersedia sepanjang tahun dan ada penjualnya, ikan-ikan lumayan fanatik dengan umpan ini, kekurangannya gampang hancur.

5. Larva Lebah madu dan tawon, Mancing kolam AE 8, sungai AE 7, tehnik mancing ngoncer dan glosor. Dengan keadaan air bening/butek berarus tenang. Tersedia sepanjang tahun, tetapi agak sulit diperoleh dan tidak ada penjual, jadi biasanya saya cari sendiri atau nitip anak buah saya kalau ke hutan, minat ikan terhadap umpan ini hampir sama dengan kroto, angka efektifitas bisa meningkat jika mancing glosor.

6. Ulat Keket, Mancing sungai AE 7, tehnik mancing ngoncer dan glosor. Dengan kondisi air bening/butek dengan arus tenang. Hanya tersedia pada saat musim kemarau dan disediakan alam, Sejenis ulat yg ada pada daun pohon pisang, berwarna hijau kecoklatan dan jika kena ke tangan sulit sekali melepaskannya.

7. Cuyu/kepiting air tawar, Mancing Sungai AE 7, tehnik mancing glosor. Dengan kondisi air bening/butek dengan arus tenang. Tersedia setiap saat oleh alam, biasanya terdapat di pematang sawah, teknik mancing glosor dengan kail lebih dari 2.

8. Laron besar, Mancing kolam AE 9, sungai AE 9 (skala 1-10) tehnik mancing ngoncer dan glosor. dengan kondisi air bening/butek tetapi berarus tenang. Tersedia hanya ada pada awal musim hujan, tidak ada yg menjual. umpan istimewa, ikan apa saja senang, bahkan jenis herbivora juga.

9. Orong-orong, Mancing kolam AE 5, tehnik mancing ngoncer, untuk sungai tidak saya anjurkan. Tersedia sepanjang tahun tdk ada penjualnya, tidak ada pengalaman istimewa dengan umpan jenis ini, hanya saja serangga ini sangat lincah, sehingga sulit di pasang ke hook.

10. Bekicot, Mancing kolam AE 8, sungai AE 8 (skala 1-10), tehnik mancing ngoncer dan glosor. Dengan kondisi air bening/butek tetapi berarus tenang. Tersedia sepanjang musim hujan, ada yg menjual. ikan apa saja senang, bahkan jenis herbivora juga. hanya saja agak repot karena harus memecah shellnya terlebih dahulu.

11. Laba-laba sawah
, Mancing kolam AE 9, sungai AE 9 (skala 1-10), tehnik mancing ngoncer dan glosor. dengan kondisi air bening/butek tetapi berarus tenang. Tersedia sepanjang tahun disawah tidak ada yg menjual. termasuk umpan istimewa, ikan apa saja senang, bahkan jenis herbivora juga.

12. Capung, Mancing kolam AE 8, sungai AE 8 (skala 1-10), tehnik mancing ngoncer dan glosor. dengan kondisi air bening/butek tetapi berarus tenang. Tersedia sepanjang tahun dipersawahan tidak ada yg menjual. termasuk umpan istimewa, ikan apa saja senang, bahkan jenis herbivora juga.

0 comments:

Post a Comment