Tuesday, October 9, 2012

Teknik Mancing Casting


Casting adalah teknik mancing menggunakan umpan palsu dengan cara melempar umpan ke daerah target yang kita inginkan, kemudian retrieve perlahan-lahan sehingga umpan yang dirancang sedemikian rupa bergerak menyerupai ikan kecil sungguhan sehingga menarik ikan-ikan predator. Target ikan dengan teknik mancing casting ini adalah hampala, bawal,toman, barramundi, barracuda, kuwe dll.
Pertama yang perlu diperhatikan ketika kita akan melakukan casting di permukaan laut ialah dengan mengetahui cuaca dan kondisi angin laut. Pilihlah cuaca yang cerah, selain lebih berpotensi mendapatkan ikan besar, juga untuk keselamatan anda sendiri. Untuk Kondisi angin laut, akan sangat berpotensi jika sedang musim angin timur. Karena ketika musim angin timur adalah musim di mana munculnya banyak ikan di laut.
PERALATAN CASTING
1. Reel
Baitcasting Reel, reel ini memang dikhususkan untuk mancing dengan teknik casting. Untuk pemilihan reel baicasting gunakan reel yang memiliki smooth drag dan laju spool yang lancar dan juga memiliki magnetic drag yang bagus.
Spinning Reel, gunakan reel dengan ukuran 2000 – 4000. Biasanya memiliki spool yang tidak dalam (cetek) dan juga bentuk spoolnya panjang dan lebar.
2. Joran
Gunakan joran dengan ukuran 180cm – 210cm
3. Umpan
ada dua tipe dari umpan ini yaitu ada yang diperuntukan di permukaan air dan ada juga yang memang khusus untuk kedalaman. Jenis umpan bermacam-macam seperti, minnow, mini popper, spoon, stickbait, pencil bait serta frogi. Ukuran yang digunakan biasanya sekitar 3cm – 7cm. Pada umumnya warna umpan juga menjadi pertimbangan tertarik atau tidaknya ikan target.
4. Senar
Jenis senar yang biasa digunakan adalah senar dari jenis braided (PE). Mulai dari PE 1 – PE 2 yang memiliki braided halus, tidak kasar jika dirasakan oleh tangan.
5. Leader Line
Gunakan Fluorocarbon dengan ukuran 40lbs, panjangnya kira-kira 2 meter.
CASTING ACTION
Setelah semua peralatan selesai disiapkan, barulah kita mencari spot yang menurut kita memiliki potensi yang bagus untuk mancing. Lempar kan umpan ke arah target yang diinginkan kemudian retrieve secara perlahan-lahan hingga membuat ikan target tergoda. Selain jenis, warna dan ukuran lure yang mempengaruhi tergoda atau tidaknya ikan target juga tergantung dari kemahiran kita dalam memainkan umpan tersebut. Jika pada lemparan pertama belum mendapatkan strike, ulangi terus sampai anda mendapatkan strike ikan yang anda inginkan. Selamat Mencoba.

0 comments:

Post a Comment